}

Sabtu, 11 Mei 2013

Seputar Manfaat Seledri (Celery) pada Melilea Greenfield Organic




Gb.1

Salah satu kandungan Melilea Greenfield Organic adalah seledri. Daun seledri, mungkin selama ini kita sudah sering mendengar tentang daun seledri, daunnya yang berbentuk seperti daun pepaya, namun lebih kecil dan berwarna hijau, biasanya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat, sebagai bumbu campuran masakan, ini ternyata mempunyai manfaat lain, yaitu untuk kesehatan, karena daun seledri diyakini mampu mengobati beberapa jenis penyakit.

Gb. 2

Seledri yang memiliki nama ilmiah Apium graveolens yang merupakan tanaman sayuran dan rempah. Seledri yang tumbuh di Indonesia tersebar di beberapa daerah, seperti Brastagi ( Sumatera Utara ), Pacet, Pangalengan dan Cipanas ( Jawa Barat ) dan memiliki nama asing lainnya di beberapa negara belahan dunia, seperti Celery ( Inggris ), Celeri ( Perancis ), Seleri ( Italia ), Selinon, Parsley ( Jerman ), Seledri ( Indonesia ), Sledri ( Jawa ) dan Saledri ( Sunda ).

Seledri juga mengandung unsur kimia alami, diantaranya mengandung flavonoid, saponin, tanin 1%, minyak asiri 0,033%, flavo-glukosida (apiin), apigenin, kolin, lipase, asparagine, zat pahit, vitamin (A,B dan c). Setiap 100 gr herba seledri mengandung air sebanyak 93 ml, protein 0,9 gr, lemak 0,1 gr, karbohidrat 4 gr, serat 0,9 gr, kalsium 50 mg, besi 1 mg, fosfor 40 mg, yodium 150 mg, kalium 400 mg, magnesium 85 mg, vitamin A 130 IU, vitamin C 15 mg, riboflavin 0,05 mg, tiamin 0,03 mg dan nikotinamid 0,4 mg. Akar mengandung asparagin, manit, zat pati, lendir, minyak asiri, pentosan, glutamin dan tirosin. Biji mengandung apiin, minyak menguap, apigenin dan alkaloid. Apigenin berkhasiat hipotensif.

Seledri memiliki efek farmakologis dari hasil penelitian, mengungkapkan bahwa :

- Infus daun seledri dengan kadar 10% sebanyak 5 ml/kg bb dapat memberikan reaksi untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah secara nyata, jika dibandingkan dengan pemberian probenecid 20 mg/kg bb pada 3,4,5 dan 6 jam pemberian. Akan tetapi, akan berbeda nyata jika dibandingkan dengan probenecid pada 7,5 dan 9 jam pemberian (Fimelda Winata, FF WIDMAN, 1988)
- Pemberian ekstrak seledri dengan cara peras maupun refluks menunjukkan penurunan tekanan darah kucing (Aaltje Dondokambey, JF FMIPA UNHAS, 1985)
- Alkaloid yang terkandung dalam biji seledri mempunyai efek sedatif dan antikonsulvan saat melakukan tes pada tikus
- Minyak yang terkandung dalam seledri, pada biji seledri dapat menghambat perkembangan jamur, seperti Histoplasma capsulatum dan Candida albicans ( jamur penyebab keputihan ).

Berikut beberapa manfaat dari tiap bagian tanaman seledri untuk pengobatan :

. Manfaat dari daun seledri untuk mengobati :

- Tekanan darah tinggi
- Seledri mengandung phthalides dan polyacetylenes. Komponen-komponen anti kanker detoksifikasi karsinogen. Seledri juga mengandung coumarin yang meningkatkan aktivitas sel darah putih tertentu.
- Vertigo yakni gangguan sakit kepala dengan rasa pusing tujuh keliling
- Tumit bengkak karena timbunan cairan yang tersendat pada bagian tumit kaki
- Masuk angin, mual, kolik
- Diare
- Rematik gout, asam urat, darah tinggi
- Bronkhitis, batuk
- Mata kering (xeroftalmia)
- Tidak nafsu makan
- Psoriasis, alergi
- Kencing darah: biji Seledri membantu dalam mengurangi asam urat. Jadi, seledri baik untuk orang yang menidap kandung kemih, masalah ginjal, sistitis dll, biji Seledri juga membantu dalam menghindari infeksi saluran kemih pada wanita.
- Meringankan gejala dari menopause
- Membantu menyuburkan rambut

b. Manfaat dari akar  seledri berkhasiat untuk mengobati :

- Tekanan darah tinggi ( hipertensi )
- Kadar kolesterol darah yang cukup tinggi: Bagi pengidap kolestrol saya rasa ini kabar baik bagi anda, karena mengkonsumsi saledri setiap hari dapat mengurangi kolestrol yang  menyumbat arteri, 
- Kolik

c. Pada biji tanaman seledri berkhasiat untuk mengobati :

- Mengatasi rematik gout dan asam urat darah tinggi: Seledri  baik bagi orang yang menderita radang sendi , rematik dan asam urat. Anti-inflamasi pada seledri yang membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri di sekitar sendi. Batang seledri mengandung zat diuretik, yang membantu untuk menghilangkan kristal asam urat yang membangun di sekitar sendi.
- Membantu mengatasi bronkhitis, asma
- Mengatasi keluhan pada penyakit pada hati dan limpa
- Kolik
- Meringankan rasa sakit pada bagian perut bawah pasca melahirkan
Karena kandungan kalsiumnya yang tinggi, mengkonsumsi seledri dapat menenangkan saraf. Jadi, makan seledri membantu orang untuk tenang. Seledri berperan sebagai antioksidan juga. Seluruh bagian seledri termasuk benih, akar dan daun, dapat digunakan. selain yang saya sebutkan diatas  seledri juga bisa dihidangkan/dikonsumsikan dalam bentuk minuman jus seledri, Minum jus seledri sebelum makan akan membantu Anda untuk mengurangi berat badan Anda.



CATATAN: biji Seledri mengandung minyak atsiri, flavonoid, dan asam linoleat coumarin dan karena itu tidak baik bagi wanita hamil karena mereka dapat menyebabkan kontraksi pada rahim


Tidak ada komentar:

Posting Komentar