}

Jumat, 11 Oktober 2013

Hubungan Sayur – sayuran dan Buah – buah dan Serat dengan Turunnya Berat Badan (Program Diet)



Banyak yang menduga dengan mengkonsumsi serat yang banyak setiap hari, bisa menurunkan berat badan. Padahal memperbanyak serat tidak lantas membakar lemak dan menurunkan berat badan secara drastis. Lantas apa hubungan keduanya?

Banyak orang beranggapan jika mengkonsumsi serat dalam jumlah banyak bisa menurunkan berat badan. Karena beberapa program diet memasukkan sayuran sebagai menu wajib selama menjalani program diet. Padahal bukan itu yang dimaksudkan sebagai tujuan utamanya.

Serat memang sangat baik dikonsumsi apalagi untuk mereka yang tengah menjalankan program diet. Bukan karena serat dapat membantu menurunkan berat badan, tapi lebih kareba serat bisa membantu pencernaan bekerja lebih baik. Selain itu, serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Sehingga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh jauh lebih sedikit.

Tapi jika Anda mengkonsumsi serat namun jumlah kalori yang masuk juga tinggi, belum tentu juga serat ini akan membantu Anda menurunkan berat badan. Kebutuhan serat harian bisa didapat dari sayuran, buah-buahan, dan juga biji-bijian. Jika takut bosan, Anda bisa mengkombinasikan menu makan Anda agar mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Serat yang dimakan bersamaan dengan karbohidrat ataupun makanan yang mengandung sedikit gula, bisa memperlambat proses pencernaan. Dan akan membuat Anda cepat merasa puas dengan apa yang telah dimakan atau merasa kenyang. Penelitian di Tufts University menemukan fakta bahwa wanita yang melakukan diet 2000 kalori dan mengkonsumsi serat dua kali lipatnya (dari 14 gr menjadi 28 gr per hari) ternyata bisa menurunkan sekitar 4 kilogram dalam empat bulan.

Jika Anda bukan termasuk orang yang suka dengan sayur, bisa mendapatkan asupan serat dari oatmeal, biji-bijian, jus buah, dan juga salad.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar