}

Senin, 06 Mei 2013

Khasiat Gandum dalam Melilea Greenfield Organic

Dalam Melilea Greenfield Organic terdapat gandum sebagai salah satu kandungannya. Pasti kita semua bertanya-tanya kenapa bukan beras saja? Mencoba untuk memahami manfaat dan mengkaji kualitas dari Melilea Greenfield Organic maka dicoba menelaah apa itu gandum dan apa saja manfaatnya. 

 

 

Meminum satu takar greenfield organic yang telah dikocok dengan 250 ml air aqua, terasa begitu nyaman dan mengenyangkan. Rasanya sangat beda dibandingkan dengan meminum jus lainnya dengan ukuran yang sama. Melilea greenfield organic rasanya lembut, dan bikin kenyang. Setelah mengomsumsi melilea greenfield organic, perut seperti diganjal alias kenyang. Padahal, jumlahnya tidak terlalu banyak, hanya satu takar. Mungkin itulah salah satu khasiat gandum, mengenyangkan walaupun porsinya kecil.

 

Kandungan Gandum

 

 


Sama seperti nasi, gandum pun merupakan salah satu sumber karbohidrat. Bedanya terletak pada rasa, cara pengolahan, dan kandungan gizinya. Seringkali orang yang menderita diabetes harus mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain. Beras mengandung glukosa yang lebih tinggi dibanding sumber karbohidrat lain. Dalam setiap 100 gram gandum, terkandung 3,1mg zat besi dan 36mg kalsium.


Kandungan zat besi dan kalsium tersebut ternyata sangat bermanfaat untuk penyembuhan beberapa penyakit, seperti jantung koroner dan darah tinggi. Bagi yang mau menurunkan berat badan, mengomsumsi gandum juga baik. Rasa kenyang yang lebih lama akan membuat keinginan untuk makan dan makan lagi dapat dikurangi. Dengan demikian, pemakaian karbohidrat dalam tubuh dapat dilakukan secara maksimal dan tidak memberi kesempatan karbohidrat berubah menjadi lemak yang kadang dapat membahayakan kesehatan.


Gandum digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan roti, cake, biskuit, pastri, dan sereal sarapan. Selain kaya akan karbohidrat dan protein, dalam setiap 100 gram gandum terkandung 3,1 mg zat besi dan 36 mg kalsium yang bermanfaat, antara lain dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner dan darah tinggi.



Food and Drug Administration, badan yang mengawasi makanan dan obat-obatan di Amerika, pada tahun 1999 mengumumkan fakta baru tentang khasiat gandum. Gandum memiliki khasiat bagi kesehatan jantung. Menurut penelitian terakhir, khasiat gandum dapat menurunkan tingginya tekanan darah. Hasil penelitian itu dimuat oleh American Journal of Clinical Nutrition tahun lalu.

Berdasarkan penelitian, gandum mengandung berbagai senyawa fitokimia, yakni senyawa dalam tanaman kimia dalam tanaman yang mempunyai pengaruh positif bagi kesehatan. Ada beberapa senyawa fitokimia, yakni lignan.


Estrogen tanaman atau fitoestrogen mampu menekan risiko penyakit jantung koroner dan telah terbukti bisa menekan pertumbuhan sel kanker pada binatang percobaan. Asam fitat pun dapat mengurangi kadar gula dalam bahan pangan yang sangat penting bagi penderita diabetes serta memberikan efek perlindungan terhadap risiko perkembangan sel kanker kolon atau usus besar.

 

Oatmeal


Oatmeal yang terbuat dari gandum sudah terbukti berkhasiat mencegah penyakit jantung. Namun, tidak semua orang, terutama anak-anak, suka dengan rasa oatmeal yang tawar. Walaupun sudah ditambah dengan bahan-bahan lain, seperti susu, buah, sirup, dan lain-lain, oatmeal masih terasa kurang lezat. Untuk menyiasatinya, masukkan oatmeal dalam adonan pempek. Rasa ikan dan campuran oatmeal akan membuat pempek terasa sangat istimewa, sehat, dan mengenyangkan.

Selain dimasukkan ke dalam adonan pempek (lenjer dan adaan), bisa dicampurkan dengan adonan tekwan dan otak-otak. Campuran oatmeal ini akan membuat tekwan dan otak-otak sedikit lebih lembut dan tidak terlalu kenyal. Anak-anak pasti suka. Bisa juga dicampur dengan bakso ikan. Dibuat pancake pun bisa. Tinggal campurkan oatmeal ke adonan pancake. Panggang dan lembaran pancake yang tipis akan semakin gurih dengan adanya oatmeal. Sayangnya, harga oatmeal masih cukup tinggi bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Oat sudah bertahun lamanya terkenal karena khasiat kebaikannya untuk kesehatan kita secara keseluruhan, terutama sekali bagi kesehatan jantung. Bermula pada tahun 1854 “Raja Oatmeal” Ferdinand Schumacher memperkenalkan oat di Amerika dan menganggap oat sebagai tambahan yang sehat dalam makanan.

Oat mengandung serat larut yang secara aktif menyerap dan membantu menghilangkan kolesterol berlebihan yang bisa menghambat arteri Anda dan menyebabkan penyakit jantung.
Belakangan ini banyak praktisi medis dan ahli gizi mendorong pasien diabetes dan jantung untuk mengonsumsi oatmeal, terutama karena khasiatnya dalam membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal.

Selain kandungan serat yang tinggi, oatmeal juga menyediakan magnesium, protein, fosfor dan vitamin B1 (thiamin), yang berperan penting dalam memproduksi energi. Untuk mengetahui lebih luas apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari makanan produk gandum ini, berikut adalah penjabarannya:

1. Menurunkan Kolesterol

Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya serat larut, yang juga ditemukan pada apel, pir dan prunes. Serat larut dapat menghambat tubuh dalam penyerapan kolesterol LDL, yang biasa dikenal sebagai kolesterol jahat. Satu cangkir dan setengah oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat, yang cukup untuk mengurangi tingkat kolesterol Anda.

2. Mengurangi Risiko Hipertensi

Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan terhadap jantung, tetapi juga penurunan risiko tekanan darah tinggi. Sebuah rekomedasi untuk wanita menopause, yang cenderung berisiko mengalami hipertensi, harus makan setidaknya enam porsi oatmeal atau biji-bijian lain setiap minggunya.  Studi menunjukkan bahwa pria dapat bisa mengurangi risiko gagal jantung jika mereka makan satu mangkuk sereal gandum atau oatmeal, per hari.

3. Tinggi Antioksidan

Oatmeal mengandung tipe khusus dari antioksidan yang disebut avenanthramide. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menyerang HDL atau dikenal sebagai kolesterol baik. Di samping itu, senyawa ini juga melindungi kolesterol jahat (LDL) dari proses oksidasi, yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Mencegah Pengerasan Arteri

Avenanthramides tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung, namun senyawa antioksidan ini juga mampu mencegah arteri dari pengerasan. Avenanthramides bekerja dengan menekan produksi molekul yang memungkinkan untuk mencegah pengerasan dinding arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita menopause yang makan enam porsi serealia utuh seminggu dapat mengurangi risiko berkembangnya aterosklerosis.

Ateroskleorosis adalah kondisi di mana terjadi penumpukan plak di sepanjang lorong-lorong pembuluh darah dan memperlambat perkembangan stenosis, yang menyebabkan lorong-lorong dari arteri menyempit. Manfaat oatmeal bagi kesehatan kardiovaskular akan menjadi lebih besar bila dipasangkan dengan vitamin C.

5. Mencegah Perkembangan Kanker Payudara

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dalam jumlah tinggi serat memiliki penurunan risiko terkena kanker payudara, terutama jika berasal dari serat gandum. Serat tidak larut dalam serealia utuh akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga melindungi tubuh dari perkembangan kanker.
Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa wanita pra-menopause mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 41 persen hanya dengan makan serat dari biji-bijian atau serealia utuh.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Oatmeal mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta-gluten serat. Serat ini mampu melindungi Anda terhadap penyakit jantung dan juga menaikan sistem imunitas. Hal ini membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

7. Mencegah Obesitas

Makan makanan untuk tidak mendapatkan suara berat seperti jenis diet yang sempurna, kan? Karena oatmeal sangat kaya serat, itu akan membuat Anda lebih penuh dan kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Serat akan meningkatkan viskositas isi perut sehingga akan memakan waktu lebih lama untuk mengosongkan. Merasa penuh dan kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama juga akan mencegah kebutuhan untuk camilan makanan manis atau asin sepanjang hari. Penelitian telah menghubungkan rendahnya risiko obesitas pada anak-anak yang rutin makan oatmeal.

 

Serat dan Kandungan Lain


Gandum mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol, terutama pada penderita hipertensi. Gandum juga mengandung senyawa fitokimia (senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan). Senyawa ini membantu menekan risiko jantung koroner.
Asam fitat dalam khasiat gandum juga dapat melindungi tubuh dari sel kanker kolon (usus besar) yang akan berkembang. Selain itu, gandum mengandung antioksidan yang dapat mengikat ion-ion radikal bebas sehingga tidak berbahaya bagi tubuh.

Senyawa yang lain adalah saponin, fitosterol, squalen, orisanol, dan tokotrienol yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sementara senyawa fenol berperan sebagai antioksidan yang mampu mengikat ion-ion radikal bebas sehingga tidak berbahaya bagi tubuh.

Meski memiliki banyak senyawa fitokimia, gandum merupakan makanan yang aman dari zat adiktif. Kebanyakan produk oatmeal tidak mengandung bahan adiktif apa pun. Bahkan tidak ada bahan pengawet maupun pewarna pada mayoritas produk oatmeal.

Menurut penelitian, 50 persen perempuan berusia lebih dari 20 tahun lalu memenuhi kebutuhan nutrisi esensial macam kalsium, folic acid, vitamin B6, vitamin A dan E, serta zat besi. Dengan mengonsumsi gandum, kebutuhan nutrisi tersebut bisa terpenuhi. Produk gandum tersebut bisa terpenuhi.

Produk gandum khusus perempuan berbentuk sereal. Di dalamnya, terdapat vitamin A, D, kalsium yang berguna bagi kesehatan tulang, dan penambah energi berupa zat besi dan vitamin B, serta folic acid dan vitamin E.

Referensi:
1. Ahira A, Khasiat Gandum yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan available at 
    http://www.anneahira.com/khasiat-gandum.htm

SALAM  SUKSES 


MELILEA MASOHI CLUB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar