}

Minggu, 14 April 2013

Diet Sehat

Membangun diet sehat sebenarnya tidaklah sesusah atau seketat yang dibayangkan banyak orang. Prinsip pertama dari diet sehat adalah memakan berbagai macam makanan. Hal ini penting karena makanan yang berbeda memberikan kontribusi gizi yang berbeda. Hal kedua dalam membangun diet sehat, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, polong-polongan (makanan tinggi karbohidrat kompleks), serat, vitamin, mineral, makanan rendah lemak dan bebas kolesterol - harus menjadi sebagian besar kalori yang Anda konsumsi. Sisanya bisa dari produk susu rendah lemak, daging, unggas dan ikan.




Anda juga harus mencoba untuk menjaga diet sehat dengan menjaga keseimbangan antara asupan dan pengeluaran kalori, yaitu tidak memakan makanan melebihi dari yang tubuh Anda gunakan. Jika tidak maka berat badan Anda akan bertambah. Karena itu, semakin Anda aktif semakin banyak makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mempertahankan keseimbangan ini. Anda juga dapat melihat makan makanan diet sehat sebagai sebuah kesempatan untuk memperluas jangkauan pilihan Anda dengan mencoba makanan-khususnya sayuran, biji-bijian, atau buah-bahwa Anda biasanya tidak makan. Diet sehat tidak harus berarti makan makanan yang hambar atau tidak menarik.

Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan. Bila Anda salah satu dari mereka silakan simak beberapa tips diet sehat menurunkan berat badan di bawah ini.

 

 

Cara diet sehat dan cepat


1. Cara diet sehat dan cepat yang pertama adalah makan banyak makanan berserat tinggi, yaitu buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Ini adalah karbohidrat yang "baik", bernutrisi, mengenyangkan, dan berkalori rendah.

2. Pastikan untuk menyertakan buah hijau, oranye, kuning dan sayur-sayuran seperti brokoli, wortel, melon, dan buah jeruk dalam diet sehat Anda. Antioksidan dan nutrisi lainnya dalam makanan ini dapat membantu melindungi terhadap pengembangan beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya.

3. Batasi produk makanan manis, produk tepung seperti roti putih dan makanan ringan asin.

4. Kurangi lemak hewan. Lemak jenuhnya meningkatkan kadar kolesterol darah dan memiliki efek yang merugikan kesehatan lainnya.

5. Hindari konsumsi makanan yang digoreng menggunakan minyak trans, biasanya berupa makanan goreng dari pabrik, fast food, dan goreng-gorengan.

6. Makan lebih banyak ikan dan kacang-kacangan, yang mengandung lemak tak jenuh sehat. Gunakan minyak zaitun atau minyak canola sebagai ganti butter/margarin.

7. Jaga porsi sedang, terutama makanan berkalori tinggi.

8. Jaga asupan kolesterol di bawah 300 mg per hari. Kolesterol ditumukan hanya pada produk hewani seperti daging, unggas, produk susu, dan kuning telur.

9. Makan dari berbagai jenis makanan untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Bila Anda memasak sendiri, buatlah menu diet sehat sebanyak mungkin variasinya.

10. Menjaga kecukupan asupan kalsium. Kalsium sangat penting untuk kekuatan tulang dan gigi, baik dari masa pertumbuhan sampai saat dewasa.

11. Cobalah mendapatkan vitamin dan mineral dari makanan, bukan dari suplemen. Suplemen tidak dapat menggantikan diet sehat.

12. Pertahankan berat badan yang diinginkan dengan menyeimbangkan kalori yang masuk dengan yang keluar (dipakai) oleh tubuh.

13. Kurangi konsumsi minuman bersoda dan beralkohol. Selain menimbulkan masalah kesehatan, minuman bersoda dan beralkohol dapat menyumbangkan banyak kalori untuk tubuh Anda tanpa nutrisi.

Diet sehat - beberapa tips lagi

1. Batasi makan makanan ringan dan kue-kue.

2. Pilih sup tanpa krim dari sup krim, krim akan menambah kalori pada makanan Anda.

3. Masaklah sendiri masakan Anda. Dengan memasak sendiri Anda bisa mengontrol menu diet sehat Anda baik ukuran porsi maupun bahan-bahan makanan. Makanan beli di luar kebanyakan mengandung pengawet, lebih banyak lemak dan kalori serta mempunyai ukuran porsi yang lebih besar.

4. Saat makan, cobalah makan makanan yang rendah kalori terlebih dahulu dan kemudian ke makanan lain. Memprioritaskan sayuran dan buah-buahan pertama dan kemudian nasi dan lauk.

5. Gunakan piring yang lebih kecil dari biasanya. Piring yang lebih kecil secara tidak langsung akan membantu Anda memasukkan sedikit kalori ke dalam tubuh Anda karena itu seolah-olah Anda sedang makan sepiring penuh saat piring sebenarnya kecil.

6. Mengunyah makanan perlahan-lahan dan nikmati makanan Anda. Kunyah setiap gigitan sebanyak 30 kali sebelum ditelan. Langkah ini cukup efektif untuk membuat Anda kenyang lebih cepat sehingga mereka dapat mengatakan langkah ini sebagai cara yang efektif dan cepat untuk diet sehat.

7. Jangan terburu-buru saat makan atau sambil melakukan pekerjaan lain atau di depan televisi. Hasilnya Anda akan memakan melebihi yang dibutuhkan tubuh Anda.

8. Berhenti makan sebelum kenyang. Otak butuh waktu untuk menerima sinyal bahwa perut sudah kenyang.

9. Kurangi penggunaan garam.

10. Minum Air 8 gelas per hari. Ini adalah jumlah minimum.

11. Hindari makanan cepat saji.

12. Latihan terbaik adalah latihan aerobik untuk diet.

13. Mulai hari Anda dengan sarapan yang sehat. Mereka yang makan pagi cenderung lebih langsing dibanding yang tidak makan pagi. Makan pagi akan langsung mengaktifkan metabolisme Anda, selain itu akan menjaga Anda dari 'pesta makan' pada hari itu.

14. Hentikan kebiasaan "makan/nyemil saat stress/emosi".

15. Jangan belanja bahan makanan bila Anda sedang lapar. Buatlah daftar belanja dan tetaplah pada list tersebut.

16. Tidur yang cukup. Kurang tidur seringkali menyebabkan rasa lapar sehingga memancing Anda untuk kelebihan makan.

17. Meskipun buah dan sayur kebanyakan bagus untuk diet sehat, hati-hati terhadap olahan buah yang justru akan menambah kalori seperti buah yang diolah jadi keripik atau saus, salad buah yang dressing dan toppingnya mengandung banyak lemak, buah kering yang kenyataannya tinggi kalori, dan jus buah meski tidak mengandung gula tambahan karena kalori bisa naik dengan cepat tanpa Anda merasa kenyang.



Kandungan Melilea Greenfield Organic sangat lengkap, dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dengan berbagai warna, berbagai jenis nutrisi, mineral dan vitamin. Di antaranya adalah butiran emas (gandum, barley, beras merah, jagung manis), beta karoten (4 macam wortel), selada air, seledri, lesitin, parsley, bayam, kubis (dari kubis daun, kubis Brussels, kubis merah dan kubis kuning), kedelai, celeriac, strawberry, jahe, pepaya, dulse, spirulina, oatmeal, jeruk dan rempah-rempah. Itulah kenapa Melilea Greenfield Organic sangat cocok untuk diet sehat.


Bagi yang berminat dapat mendapatkannya di APOTEK NURUL AINI, JL.Kapitan Pattimura,no.33 MASOHI. Atau menghubungi Hp: 081384526767. dan PIN BB : 237DC53 atau Membelinya dengan MID Melilea: 40119145 pada distributor Melilea terdekat di kota anda).  


Salam Sehat dan Sukses

MELILEA MASOHI CLUB 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar